Sabtu, 25 Januari 2014

Upgrade Performa Satria FU. Karburator dulu atau CDI dulu?

 

Teringat pada masa masa awal saya memiliki Satria F150, saat itu terbersit keinginan di benak saya untuk mengupgrade performa satria fu kesayangan ini. Apa daya, ditengah program 'pengencangan ikat pinggang' yang sedang digalakkan saat itu - karena gaji pas pasan saya sebagai karyawan baru masih harus dipotong lagi angsuran motor- membuat budget upgrade saya menjadi sangat terbatas. Dari berbagai saran dan informasi yang saya terima, pilihan upgrade performa kemudian mengerucut kepada 2 part plug n play yaitu CDI Racing dan Karburator PE28. Karbu atau CDI duluan
Apa mau dikata, walau pilihan tinggal 2 opsi saja, saya kok tetap bingung menentukan pilihan, apakah membeli CDI dulu baru kemudian nanti kalo sudah ada duit lagi beli karburator, atau sebaliknya, beli karbu dulu baru nanti mikirin CDI.
Saya juga menyimak ternyata bukan hanya saya saja yang dibikin bimbang sama dua pilihan ini. Cukup banyak teman-teman FUers lain yang juga harus memilih diantara dua part ini karena alasan keterbatasan dana. Pertanyaan yang sering ditemui misalnya seperti ini:

Kalo budgetnya cuma ada kisaran kisaran 500rb saja, tapi ingin memperoleh peningkatan performa FU yang lebih memuaskan dari kondisi standar pabrik : 1. Mana yang lebih baik diupgrade duluan, beli PE-28 atau CDI Unlimiter dulu? 2. Alasannya kenapa?

Dari berbagai reply di forum, ternyata memang beragam responnya, ada yg vote untuk karbu dulu, banyak jg yg vote untuk cdi dulu. Sedangkan kalau dari review saya sendiri, kesimpulan yang saya ambil adalah sebagai berikut:
1. Berdasarkan pengalaman pribadi maupun teman2 yang saya kenal langsung, terutama di klub satria yang saya ikuti (ssfc), penggantian karbu PE28 terasa mampu mendongkrak performa FU standar secara lebih signifikan dibandingkan hanya CDI unlimiter.
2. Tapi Kenapa…?

Dari logika pemahaman saya yang dangkal; sepertinya ini terkait dgn apa yg para tuner bilang sebagai ‘efisiensi volumetrik’ Seberapa besar pasokan mixture (bensin+udara) yang bisa dilesakkan ke ruang bakar. Karena mixture inilah modal utama pembakaran yang akan menentukan tenaga motor.
Venturi karbu yg lebih besar (28>26) => mampu mensuplai pasokan bbm ke ruang bakar lebih banyak => potensi ledakan di ruang bakar jadi lebih besar=> ledakan lebih besar akan mendorong kruk as untuk berputar lebih kuat dan lebih cepat=> power dan torsi pun meningkat=> motor pun menjadi lebih bertenaga merespon pelintiran grip gas.
Ya, setidaknya alur sederhana itulah mungkin keuntungan yang diperoleh dari penggantian karbu standar Fu ke karburator keihin PE28.

Terus bagaimana dengan cdi unlimiter?
Menurut hemat saya, limiter cdi standar FU sudah di set cukup tinggi kok dari pabrikan suzuki nya (kalo tidak salah +- 11.500rpm). Itung itungan dagang, bisa dibilang FU dgn karbu standar + CDI Racing hanya menyisakan sekitar 3000rpm saja ( dari 11rb s.d 14rb) untuk menarik manfaat maksimal dari pembelian cdi racing/unlimit tersebut. Sementara FU cdi standar + PE28 mampu memberikan manfaat keunggulan di rentang rpm yang lebih lebar (dari Nol rpm sampai – 11rb rpm udah kerja tuh karburator). Prinsip ‘tak mau rugi’ di kepala saya saat itu mengatakan, “Kalo duit yang dikeluarkan kurang lebih sama, bukankah pembelian karbu ini lebih menguntungkan saya?”

Patut pula dipertimbangkan: 1. Daya Maksimum FU standar berada di kisaran 9500rpm. Torsi Maksimum di kisaran 8500rpm. Silahkan baca brosur atau panduan spek FU kalo tidak percaya. Jadi, kalo rentang optimalnya ada di bawah 10rb RPM, maka menarik manfaat CDI unlimiter dgn memainkan shifting/pindah gigi FU di rpm >11rb bisa jadi malah kurang efektif. Karena dengan cdi standar pun, pergantian gigi di rentang rpm 9500 pun sudah ideal dan aman.
2. CDI unlimit/racing baru terasa bermanfaat ketika transmisi sudah tdk bisa lagi dimainkan (misalnya udah nyampe gigi 6 tp trek masih tersisa panjang), cdi standar kan gak bisa dipanteng terus karena mentok limit. Nahh disinilah cdi resing sangat terasa manfaatnya, karena bisa terus panteng grip gas sampe mentok 13rb rpm sekalipun. Tapi itupun biasanya angka kecepatan udah berat naik lagi karena kemampuan kitiran mesin standar bisa dibilang sudah mencapai batasnya.
Hanya saja pada prakteknya, memangnya seberapa sering sih kita bisa nemuin trek kosong panjang yang memungkinkan kita anteng menggeber FU sampai 13rb rpm ?? bahkan di trek luar kota sekalipun rasanya sulit. Ada angkot brenti lah, orang nyebrang lah, kucing lewat lah, lobang lah..macem macem gangguan yang tidak memungkinkan kita geber rpm fu setinggi itu.
Ada juga yang bilang begini: FU + PE28 cuman unggul di putaran bawah doang (trek pendek), tapi pasti kalah di putaran atas/trek panjang oleh FU yang udah ganti CDI racing karbu standar.
Hmmm..masa sih. Hasil test iseng-iseng yang dulu sering saya lakuin bareng temen-temen fu; di lintasan lurus sekitar 800 meter, FU + PE28 + CDI standar selalu ngacir duluan tak tersusul dibanding FU + karbu standar + CDI Racing. Buat saya sih 800meter itu udah masuk trek panjang lho. Rentang RPM 10-12rb juga bisa dibilang puteran atas tuh. Berarti gak tepat juga kalo dibilang PE28 pasti kalah sama CDI ditrek panjang /puteran atas. Malah karbu skep terasa makin maknyos jenggutannya di rentang rpm tinggi ini. Ya entahlah kalo treknya berkilo kilo meter…siapa juga yang mau cari resiko geber motor RPM >11rb selama 2km tanpa turun gas..hehe.

Atas dasar pengalaman itulah, saya akhirnya mengambil kesimpulan pribadi bahwa; bicara upgrade performa, kalau cuma punya duit 600rb an, lebih efektif beli PE28 dulu saja daripada CDI unlimiter/racing. Pilihan ini jg yang dulu akhirnya saya ambil saat harus memilih salah satu diantara keduanya.
Dengan pergantian karbu, Power dan torsi lebih terasa meningkat di rentang RPM yang lebih lebar. Kalau soal boros atau irit bensin, menurut saya yg paling menentukan adalah riding style nya, bukan karbunya. Testimoni teman2 di ssfc; konsumsi PE28 dalam pemakaian normal masih termasuk irit. berkisar 1:30 – 1:35 ltr/km. Seboros-borosnya 1:28.

Penggantian karbu juga tdk hanya terasa enaknya di trek lurus saja, tp juga membantu menjaga power dan akselerasi saat harus buka tutup gas / stop and go, atau pun ketika perlu menggantung gas di tikungan, lebih mudah berakselerasi lagi.
Tentu pilihan terbaik adalah keduanya sekaligus, Hampir dua tahun lamanya selama FU saya masih berstatus ‘kredit’ alias belum lunas, spek yang paling awet dan setia nemplok di FU saya ya spek karbu PE28 open filter + CDI racing + knalpot silencer standar pipa pitsbike. Spek kayak gitu jg jadi spek fu standar paling laris dikalangan teman-teman ssfc saat itu. Sering dicoba tes jalan dengan fu yang berknalpot resing/freeflow, kurang lebih seimbang.
So, buat saya urutannya adalah sbb: Pertama: Karbu Skep (yg paling laris biasanya PE28 & PWK28)
Kedua: CDI Unlimiter
Terakhir baru knalpot (atau Pipanya saja cukup untuk sementara, jd silencer tetep standar, adem)

Efek peningkatan performanya akan terasa sesuai urutannya, penggantian karbu terasa signifikan, ganti cdi lumayan berasa, ganti pipa mulai terasa biasa2 saja.
Untuk menekan budget; mulailah berburu karbu dan knalpot yang seken tp masih bagus, kecuali untuk cdi; diusahakan beli baru. Mengingat cdi seken sulit diketahui kondisi kelayakannya.

Salam FUers,
Suzuki Satria Fu Indonesia Club

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar